About Indonesian Food Channel

INDONESIAN FOOD CHANNEL, I LIKE IT!

Hanya dibutuhkan tagline sesingkat itu untuk membuat makanan Indonesia dikenal dunia. Ya, MENDUNIA! Tak percaya ?

Setiap orang berhak bermimpi. Begitu pun mimpi saya untuk membuat makanan Indonesia dikenal dunia. Salah satunya melalui web ini yang merupakan  embrio/konsep/contoh mimpi saya untuk mewujudkan “Indonesian Food Channel” menjadi sebuah televisi kabel kuliner pertama di Indonesia yang menayangkan tentang makanan Indonesia dengan pengantar Bahasa Indonesia atau Bahasa Daerah di Indonesia,  dan juga makanan asing dari seluruh dunia.

Tentu timbul pertanyaan, bagaimana bisa mendunia jika bahasa pengantarnya hanya menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah? Mengapa tidak menggunakan Bahasa Inggris saja agar lebih mudah dipahami seluruh penduduk di bumi ini?

Nah, ada analogi yang ingin saya bagi bersama Anda. Jika turis asal Indonesia yang berwisata ke Amerika tentu ingin melihat sesuatu yang asli Amerika. Misalnya melihat Mickey Mouse di Disneyland. Mereka tentu tak bakal mau jauh-jauh ke Amerika untuk menonton wayang kulit, bukan?

Begitu juga wisatawan Asing. Tentu mereka tertarik ke Indonesia karena pernah mendengar tentang indahnya Bali, Danau Toba, hingga Nusa Tenggara Timur yang begitu ternama dengan Komodo-nya. Yang ingin saya sampaikan adalah kita harus bangga dengan budaya asli Indonesia.

Saya ingin bertanya, pernahkah kita menonton film korea, film jepang, film perancis, hingga film Hollywood? Betapa kita dapat larut dalam haru, senang, hingga perasaan tegang mengikuti jalan ceritanya? Apakah kita pernah terganggu dengan bahasa mereka yang tidak kita mengerti? Tanda disadari, Anda tak pernah merasa terganggu, bukan? Jawabannya adalah SUBTITLE ke dalam bahasa Asing. Ya, subtitle tetap membuat kita memahami jalan cerita sebuah film tanpa harus mengerti bahasa pengantarnya.

Dasar inilah yang membuat saya tertarik melibatkan sejumlah mahasiswa/mahasiswi Sastra Asing di Indonesia untuk membantu mewujudkan program INDONESIAN FOOD GO INTERNASIONAL!

Kita harus bangga dengan Bahasa nasional, dan bangga dengan kebangsaan kita, INDONESIA!

Dan sampai saat ini saya masih yakin dengan ucapan Presiden Soekarno, figur pemimpin yang saya cintai, Indonesia adalah sebuah kekuatan untuk mempengaruhi Dunia!”

FROM FOOD TO ROOTS!

Saya percaya, makanan menjadi salah satu jembatan perbedaan. Dengan makanan, komunikasi akan mengalir pada siapa pun, dan apa pun profesinya. Misalnya seorang tukang batu sekali pun, obrolannya bisa nyambung dengan seorang pejabat pemerintah bila di tengahnya ada kopi dan pisang goreng.

Rasa sayang seorang anak pada ibunya akan tumbuh ketika sang ibu menghidangankan masakan yang dibuatnya dengan cinta kasih.

Lalu bagaimana dengan wisatawan Asing? Saya yakin mereka juga akan jatuh cinta dengan Indonesia ketika melihat makanan Indonesia, dan mendengar bahasa kebanggaan kita, Bahasa Indonesia yang terdengar eksotis dari timur!

Indonesian Food Channel menyuguhkan tayangan pendek tentang masakan Indonesia yang lezat, dilengkapi subtitle asing di saluran YouTube. Dengan keaslian masakan dan bahasa pengantar asli Indonesia, viewers akan jatuh hati terhadap makanan Indonesia, dan tertarik dengan bahasanya yang terdengar eksotis. Akhirnya, mereka memutuskan berwisata ke Indonesia untuk melihat ragam kecantikan budaya kita. Dari sanalah lahir istilah “FROM FOOD TO ROOTS”.

Bagaimana caranya? Social media! Ya, siapa pun tahu betapa dahsyat kekuatan sosial media dalam menghubungkan dunia melalui internet. Tak hanya menjangkau pengguna internet se-Indonesia, tetapi Indonesian Food Channel juga menjangkau DUNIA.

Program Indonesia Food Channel ini lahir dari sebuah mimpi di pagi hari, omong kosong, dan tak sedikit cemoohan orang.

Pariwisata adalah ujung tombak Devisa untuk Indonesia! Majulah Indonesia! Jayalah generasi muda Indonesia!

Anda peduli dengan kemajuan kuliner Indonesia? Ayo dukung mimpi saya, mimpi kita semua, untuk mewujudkan INDONESIAN FOOD CHANNEL GO INTERNATIONAL. Saya tunggu partisipasi Anda!

Selamat Makan! Selamat datang di www.indonesianfoodchannel.com

Chef Haryo Pramoe,
The Cooking Rockerz